Monday, July 28, 2014
Breaking News
Home » Review » Canon iR6570

Canon iR6570

Benarkah Canon iR 6570 produk gagal?

canon ir 6570
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang mesin fotocopy Canon iR 6570 yang katanya merupakan sebuah produk gagal. Benarkah demikian? dan alasan apa yang membuat mesin berkecepatan 65 lembar permenit ini sampai dikabarkan sebagai produk yang gagal dipasar?

Tentunya hal ini sangat menarik untuk kita telusuri lebih jauh melihat mesin dengan teknologi yang lebih baru dan dilengkapi dengan beberapa fitur pembaharuan dari beberapa seri mesin fotocopy pendahulunya, sebenarnya oleh siapa dan karena apa mesin ini bisa di “klaim” sebagai sebuah produk yang gagal?

Saya sering sekali mendengar pemula usaha fotocopy yang baru berencana untuk membeli sebuah mesin fotocopy selalu bertanya seperti ini “pak… mesin tipe iR 6570 produk gagal ya? kata teknisi didaerah saya bilang seperti itu” bukan hanya sekali duakali bahkan hampir setiap hari baik itu lewat telefon maupun langsung bertanya kepada saya.

Dari sini kemudian saya mencoba untuk menanyakan langsung kepada pelaku usaha fotocopy yang ada dibeberapa daerah dan hampir semua jawaban mereka sama bahwa yang menyebutkan mesin fotocopy tipe Canon iR 6570 sebagai produk yang gagal hanyalah beberapa “oknum” saja yang kebetulan belum terlalu familiar dengan tipe mesin ini. Familiar dalam artian belum benar benar menguasai dan mengerti kelebihan serta kekurangan mesin tipe iR 6570.

Jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda sebenarnya Canon iR 6570 bisa dibilang pembaharuan dari tipe tipe sebelumnya yang lebih dulu masuk ke pasar Indonesia, ada beberapa perubahan yang terdapat pada mesin ini.

Sistem pemanas ( fixing )

Jika pada seri sebelumnya seperti Canon iR 5000 atau iR 6000 pada bagian pemanasnya menggunakan Head Roller Fixing ( menggunakan lampu heater sebagai pemanas ) sedangkan pada Canon iR 6570 menggunakan Induction Heating Fusing ( menggunakan plat / elemen sebagai pemanas ) tentu saja disini masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Untuk pemanas pada iR 5000 / iR 6000 yang memakai lampu keunggulannya adalah tahan terhadap tegangan listrik yang kurang stabil sedangkan kekurangannya adalah waktu pemanasan yang relatif lama hingga 5 menit dan tentunya lebih banyak / boros penggunaan listrik.

Untuk pemanas pada iR 6570 yang memakai elemen kelebihannya adalah waktu pemanasan yang sangat cepat yakni membutuhkan waktu 30 detik untuk ready sehingga lebih hemat pemakaian listrik sedangkan kekurangannya adalah memerlukan listrik yang stabil jadi pengguna harus meiliki tegangan listrik yang baik dan bisa menggunakan stabilizer minimal 3000 watt untuk menyiasatinya.

Control panel unit

Pada mesin Canon iR6570 panel unitnya lebih lebar dan sudah berwarna, touch screen juga responsif dan nyaman digunakan.

Kecepatan

Kecepatan menyalin dokumen pada seri ini adalah kecepatan ideal sebuah mesin fotocopy yakni 65 lembar permenit

Pendapat pribadi saya

Jika ada sebagian orang yang menganggap bahwa mesin fotocpy tipe ini lebih sering mengalami error terhadap tegangan listrik terus kemudian mengklaim bahwa ini adalah produk yang gagal, itu wajar saja karena pendapat orang berbeda beda mungkinĀ  saya rasa orang tersebut belum benar benar memahami spesifikasi dari mesin ini sendiri, sudah kita ketahui bahwa Jepang telah mengganti sistem pemanas dari yang menggunakan lampu menjadi menggunakan elemen agar lebih hemat pemakaian listrik dan lebih ramah lingkungan dengan konsekwensi membutuhkan tegangan listrik yang stabil, maka untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu memperhatikan masalah kelistrikan saja dan tidak perlu ragu dengan kemampuan mesin ini dan kalaupun benar mesin ini adalah mesin gagal seharusnya sudah dari dulu pihak Canon Jepang menarik peredaran mesin yang bersistem pemanas elemen ini. Bahkan saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan mesin ini untuk kebutuhan bisnis fotocopy.

Sampai bertemu diartikel selanjutnya, tanpa ada maksud menyinggung, merugikan maupun menguntungkan beberapa pihak, artikel ini hanyalah pendapat pribadi saya yang kemudian saya tuangkan di personal blog sederhana ini. semoga bisa memberikan manfaat dan jika ada salah kata ataupun penyampaian mohon dimaafkan.

Benarkah Canon iR 6570 produk gagal? ada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang mesin fotocopy Canon iR 6570 yang katanya merupakan sebuah produk gagal. Benarkah demikian? dan alasan apa yang membuat mesin berkecepatan 65 lembar permenit ini sampai dikabarkan sebagai produk yang gagal dipasar? Tentunya hal ini sangat menarik untuk kita telusuri lebih jauh melihat mesin dengan teknologi yang lebih baru dan dilengkapi dengan beberapa fitur pembaharuan dari beberapa seri mesin fotocopy pendahulunya, sebenarnya oleh siapa dan karena apa mesin ini bisa di "klaim" sebagai sebuah produk yang gagal? Saya sering sekali mendengar pemula usaha fotocopy…

Review Overview

Kecepatan - 9
Performa - 8.6
Desain - 8.9
Fitur - 8

8.6

Recomended

Summary : Canon iR6570 pilihan tepat untuk bisnis fotocopy selain itu jaminan ketersediaan sparepart elektronik dan consumablenya mudah didapat dipasaran.

9

About Beni Ariyanto

If you don't design your own life plan, chances are you'll fall into someone else's plan. And guess what they have planned for you? Not much! :)